5 Cara Mempercepat Kinerja Android

Jika kinerja sebuah smartphone Android lemot atau lambat, akan menjadi suatu hal yang menyebalkan bagi penggunanya, tak hayal banyak sekali yang para pengguna Android bergonta-ganti smartphone mereka dengan produk yang lebih baru untuk mendapatkan performa Android yang cepat.

Tapi sebenarnya ada beberapa trik agar performa atau kinerja ponsel Android anda bekerja lebih cepat tanpa harus membeli produk baru dan tanpa harus install aplikasi.

5 Cara Mempercepat Kinerja Android

Berikut beberapa trik untuk mempercepat kinerja Android 


1. Kurangi Widget dan Live Wallpaper
Salah satu kelebihan Android adalah Multi Tasking yaitu dapat menjalankan widget dan aplikasi secara bersamaan. Oleh karena itu semakin banyak widget ditambah menggunakan Live Wallpaper akan membuat kinerja samrtphone Android anda menjadi lemot,  karena beban pada memori akan semakin besar.

2. Update Aplikasi
Dengan memperbarui versi aplikasi yang anda gunakan, akan membuat kinerja Android bertambah cepat karena saat aplikasi menjalankan aplikasi versi terbaru akan mengurangi bug atau error pada aplikasi lama yang anda gunakan.

3. Gunakan Mode Hibernasi
Untuk dapat menggunakan mode hibernasi ini, anda harus  memasang sebuah aplikasi tambahan dan yang cukup populer adalah Greenify. Aplikasi ini sendiri berfungsi untuk menyimpan sumber daya perangkat secara efisien dan juga meningkatkan daya tahan baterai Android anda, baca juga Tips Merawat Baterai Android

4. Reset Data Factory
Tahukan anda bahwa sebenarnya ada beberapa macam aplikasi-aplikasi yang telah anda hapus masih membekas dan berjalan pada background Android. Hal ini tentunya akan menambah beban pada memori RAM Android dan otomatis akan membuat performa menjadi lambat. Dengan melakukan reset data factory akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih lancar dan fresh. Agar kinerja makin optimal setelah anda melakukan reset data, sebaiknya anda memasang aplikasi atau game sesuai kebutuhan.

5. Disable Aplikasi Sistem
Dengan cara menon-aktifkan atau disable beberapa aplikasi pada sistem sangat membantu kinerja memori RAM pada Android, khusunya bagi smartphone yang memiliki RAM berukuran kecil. Aktifkan aplikasi sistem yang memang benar-benar penting saja, dan ingat jangan pernah disable semua aplikasi sistem karena justru akan membuat masalah baru dan kinerja Android menjadi tidak stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar