Cara Menghilangkan Virus di Laptop/Komputer

Cara-Menghilangkan-Virus-di-Laptop/Komputer

Sebelum kita membahas Cara Menghilangkan Virus di Laptop/Komputer, sebaiknya kita ulas sedikit efek komputer jika terkena virus. Virus yang bersarang pada laptop atau komputer anda dapat merusak sistem program pada komputer anda.

Jika laptop atau komputer yang telah terinfeksi virus akan terlihat dengan berbagai macam tanda-tanda, seperti laptop menjadi lambat dan ada dna yang paling fatal adalah beberapa data yang anda simpan akan hilang atau rusak.

Jenis-jenis Virus

Trojan : Akan mengambil data yang telah terinfeksi virus dan akan mengirimkanya pada si pembuat trojan itu sendiri.

Worm : Virus jenis ini akan menduplikasikan diri sehingga ukuran hardisk menjadi penuh.

Spyware : Jika komputer anda telah terkena virus ini, maka spyware akan merekam atau memantau aktifitas komputer yang anda gunakan.

Rootkit : Cara kerja virus ini akan menyembunyikan proses, berkas dan data sistem yang sedang berjalan.

Backdoor : Sama seperti Trojan, tapi backdoor lebih menyerupai file yang baik-baik saja, misalnya : game.

Sebenarnya masih banyak lagi virus yang membahayakan, tapi kita ulas sedikit diatas jenis virus yang cukup populer. Seiring dengan berkembangnya teknologi, jenis-jenis virus baru pun juga banyak bermunculan dengan cara kerja yang berbeda.

Penyebab Laptop Terserang Virus

Sumber datangnya virus yang bersarang pada komputer anda pun beragam, bisa karena flashdisk, download file sembarangan di Internet dan masih banyak lagi.

Menghilangkan Virus dari Laptop atau Komputer

Untuk menghilangkan virus yang bersarang pada laptop kita yaitu dengan menggunakan Antivirus, antivirus sendiri merupakan perangkat lunak yang memang secara khusus dibuat untuk Mendeteksi, menghilangkan dan mencegah laptop atau komputer kita terkena serangan virus.

Membersihkan virus menggunakan program Antivirus sangat disarankan, karena agar virus yang telah menginfeksi komputer anda benar-benar akan bersih.

Macam-macam software Antivirus banyak sekali di Internet, ada yang berbayar, free trial ataupun free, contoh antivirus yang cukup populer dan dikenal ampuh untuk membasmi virus adalah :
  • Avast
  • Avira
  • AVG
  • BitDefender
  • ESET
  • Kaspersky
  • Smadav
  • dll.
Jika anda telah mendownload dan menginstall salah satu antivirus pilihan anda, segera lakukan scanning atau pemindaian pada komputer anda untuk mendeteksi adanya virus yang bersarang, dan antivirus tersebut akan mengeksekusi dan akan membersihkan virus tersebut.

Satu lagi, lakukan update antivirus yang anda gunakan supaya dapat mendeteksi adanya virus terbaru, dan juga jika anda benar-benar terbantu dengan antivirus tersebut tidak ada salahnya anda membeli license aslinya agar kinerja antivirus tersebut semakin maksimal untuk melindungi laptop atau komputer anda. Demikian cara menghilangkan virus di laptop atau komputer anda hingga bersih dengan menggunakan antivirus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar