Pengertian dan Cara Membuat Blog

cara-membuat-blog-di-blogger
Sebelum kita menuju ke cara membuat blog alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa itu blog. Blog berasal dari kata web log yang merupakan aplikasi web yang memuat berbagai macam tulisan dan gambar pada sebuah halaman web dan juga dapat diakses oleh semua pengguna internet.

Blog sendiri sering digunakan sebagai media untuk berbagi informasi, catatan harian, atau bahkan digunakan untuk sebuah wadah promosi secara online, dengan membuat tulisan-tulisan atau gambar yang selanjutnya disebut posting.

Ngeblog adalah istilah yang sering disebut di Indonesia yang berarti blogging, dalam artian kita melakukan aktivitas dalam membuat blog, mengisi blog dengan posting baru dan lain-lain. Situs penyedia blog secara gratis yang paling populer saat ini adalah Blogger.com dimana situs tersebut adalah milik sang raksasa internet yaitu Google.

Cara Membuat Blog di Blogger.com

Syarat untuk membuat blog adalah anda diharuskan mempunyai email yang valid, lebih di rekomendasikan menggunakan Gmail karena memang layanan email satu ini juga merupakan layanan gratis dari Google yang secara otomatis terintergritas pada Blogger.com.

Berikut langkah-langkah dalam pembuatan blog :

  • Silahkan menuju kesini.
  • Masukkan alamat Gmail anda dan isi Password (password di blogger sama dengan password gmail anda).
  • Setelah muncul halaman Dashbord Blogger, lalu pilih menu Blog Baru.
  • Lalu muncul jendela halaman yang mengharuskan anda mengisi Judul dan Alamat blog yang akan anda buat. Misal Judul : Blog Baru Saya , dan Alamat Blog : blogbarusaya.blogspot.com , Ingat ! alamat blog tidak boleh menggunakan spasi.


  • Pilih Template sesuai selera anda.
  • Lalu klik Buat Blog.

Setelah selesai membuat blog di Blogger, sekarang anda tinggal mengisi dengan berbagai macam tulisan atau gambar yang ingin anda bagikan ke semua orang. dan perlu anda ketahui bahwa dengan menggunakan 1 akun blogger kita dapat membuat beberapa blog sekaligus. Selamat Ngeblog !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar