Mempercepat Kinerja Komputer Lemot

percepat-kinerja-komputer-lambat-lemot

Banyak faktor yang menyebabkan sebuah komputer atau laptop menjadi lemot, tak heran jika komputer yang sedang kita gunakan terasa sangat lama sekali untuk membuka suatu aplikasi atau program pasti tentu akan merasa kesal.

Bagi yang sudah ahli di bidang komputer tentu masalah ini dapat terselesaikan dengan cepat, karena dia tahu bagaimana seluk beluk sebuah sistem operasi berjalan dan apa saja yang menyebabkan laptop menjadi lemot saat digunakan. Tapi bagi orang yang awam bahkan buta mengenai komputer pasti hal ini akan sangat membingungkan.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Komputer/Laptop Lemot

Tapi tenang kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi komputer atau laptop menjadi lemot dan apa saja penyebabnya, mari kita simak dibawah ini.

Virus

Virus merupakan salah satu yang paling sering menyebabkan komputer anda menjadi lemot, jika komputer anda sudah terinfeksi virus bukan hanya menyebabkan lemot, tapi virus juga dapat merusak sistem komputer anda. Untuk mengatasinya silahkan baca Cara Menghapus Virus.

Ukuran RAM yang kecil

Random Access Memory atau sering disebut RAM adalah media penyimpanan sementara/temporer yang digunakan saat komputer dalam keadaan aktif, jadi saat anda menggunakan komputer RAM akan membantu mempercepat proses terbukanya atau loading suatu program yang hendak dijalankan. Jadi jika ukuran RAM yang terpasang pada komputer anda berukuran kecil makin lambat pula kinerja komputer, cara mengatasinya adalah lakukan upgrade atau ganti dengan RAM yang berukuran lebih besar.

Overheat atau Kondisi Komputer Panas

Ini juga penyebab komputer menjadi lemot, tak hanya itu jika terus dibiarkan akan berakibat fatal untuk komputer anda. Penyebab komputer menjadi panas adalah sirkulasi udara yang tidak sempurna di dalam casing sebuah komputer, solusinya adalah :
  1. Pastikan semua kipas yang berada di dalam casing menyala.
  2. Bersihkan Kotoran dan debu yang menempel agar tidak memperparah hawa panas.
  3. Jangan letakkan CPU ditempat yang terlalu sempit.
  4. Jika anda sering menggunakan laptop dengan beralaskan bantal, segera ganti kebiasaan anda karena itu sama saja menutup lubang sirkulasi udara yang sering biasanya berada di bawah casing laptop.

Banyak Aplikasi yang di Install

Gunakanlah aplikasi atau software yang menurut anda memang dibutuhkan, karena dengan banyak menginstall software hanya akan menambah beban memory pada komputer anda. Apalagi software yang anda install akan otomatis terbuka atau berjalan saat komputer dinyalakan. Cara mengatasinya adalah uninstall aplikasi-aplikasi tersebut bisa menggunakan Add/Remove Program di Control Panel.

Hapus File-file sampah pada Komputer

Rutinlah melakukan pembersihan file temporary pada komputer anda, untuk yang satu ini gunakanlah salah satu software yang paling sering digunakan untuk membersihkan komputer yaitu CClenaer, anda bisa mendownloadnya disini.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab komputer atau laptop menjadi lemot, tapi kali ini kita membahas yang paling sering menjadi penyebab utamanya. Semoga cara mengatasi komputer lemot kali ini bermanfaat, selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar